Kamis, 26 Februari 2015

30 Jenis Restoran Makanan Jepang

Kebanyakan orang berpikir bahwa restaurant Jepang hanya tentang Sushi saja. Namun, pada kenyataannya terdapat banyak restoran Jepang yang mengkhususkan diri hanya pada satu jenis masakan saja. Berikut adalah daftar 30 jenis masakan Jepang yang mengkhususkan diri sebagai restoran:

1. Restoran Ramen (ラーメン) 

Ramen merupakan mie yang disajikan dengan kaldu daging ataupun ikan. Dilengkapi dengan pilihan miso dan saos kecap untuk supnya. Diatas ramen terdapat chashu (potongan empuk daging babi), negi dan nori. Hampir setiap wilayah di Jepang memiliki kharakteristik ramen tersendiri.
1. Ramen

2. Restoran Yakitori (やきとり) 

Ini tidak lain adalah sate. Sate ayam khas Jepang dengan daging yang benar-benar empuk.
2. Yakitori

3. Restoran Soba (そば)

Mie soba Jepang yang disajikan panas atau dingin dengan berbagai topping.
3. Soba

4. Izakaya (居酒屋)

Tempat bernuansa khas Jepang yang menyediakan minuman beralkohol berikut hidangan sederhana untuk teman minum-minum. Berbeda dari rumah makan, menu utama di izakaya adalah minuman beralkohol sedangkan makanan hanya sebagai sampingan. Izakaya berbeda dari bar atau pub yang bernuansa khas Barat dan menjual minuman keras khas Barat. Minuman keras yang dijual di izakaya umumnya seperti bir, sake, atau chūhai. Hidangan yang disediakan di izakaya juga lebih bervariasi dibandingkan hidangan di bar atau pub.
4. Izakaya

5. Restoran Tonkatsu (とんかつ)

Daging babi yang dilapisi dengan tepung yang disajikan dengan potongan kecil-kecil kubis, sup miso, acar Jepang dan tonkatsu saus. Daging yang dihasilkan terasa sangat empuk dilidah.
5. Tonkatsu

6. Restoran Sushi (すし) 

Sushi justru lebih populer di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat dan Kanada daripada di Jepang sendiri. Sushi Jepang sangat berbeda dari sushi Barat.
6. Sushi

7. Restoran Tempura (天ぷら)

Di Jepang ada berbagai restoran yang manyajikan Tempura sebagai menu utama, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran berbintang 5.
7. Tempura

8. Restoran Shabu-shabu (しゃぶしゃぶ)

Saat pengunjung datang ke restoran yang khusus menyajikan shabu-shabu, maka pengunjung akan disajikan denganpanci panas, dimana pengunjung dapat memasukkan bahan-bahan makanan segar ke dalam panci dan memasaknya sendiri.
8. Shabu-shabu

9. Restoran Takoyaki (たこ焼き)

Makan yang berbentuk bulan seperti bola ini, berisikan daging gurita di dalamnya. Biasanya atasnya disajikan dengan saus manis, mayones dan acar jahe.
9. Takoyaki

10. Restoran Kare Raisu (カレーライス)

Nasi Kare ala Jepang.
10. Kare Raisu

11. Restoran Udon (うどん)

Mie tebal dari tepung terigu ala Jepang.
11. Udon

12. Restoran Okonomiyaki (お好み焼き) 

Makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah koltelur ayammakanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Kebanyakan restoran okomomiyaki memberikan pelanggannya untuk memilih bahan-bahannya sendiri. Pelanggan akan memasak sendiri okonomiyakinya diatas panggangan meja sendiri.
12. Okonomiyaki

13. Restoran Monjayaki (もんじゃ焼き)

Monjayaki pada dasarnya adalah Okonomiyaki. Hanya saja adonan dibuat lebih cair dan bahan-bahan yang digunakan dicincang halus. Hasilnya adalah pancake menjadi lebih renyah dan tipis. Seperti okonomiyaki, pelanggan memasak sendiri di atas panggangan meja.
13. Monjayaki

14. Restoran Gyuudon (牛丼)

Gorengan daging sapi yang dipotong tipis pada semangkuk nasi. Gyuudon biasanya disajikan cepat dan murah.
14. Gyuudon

15. Restoran Kushiage

Daging tusuk dan sayuran digoreng.
15. Kushiage

16.Restoran Champon (ちゃんぽん)

Masakakan khas Jepang-Cina dari Nagasaki. Pada dasarnya ini adalah ramen yang disajikan dalam sup kental dengan daging babi, makanan laut dan sayuran.
16. Champon

17. Restoran Teishoku (ていしょく)

Teishoku berarti “set” dalam bahasa Jepang. Restoran Teishoku mengkhususkan diri dalam satu set menu dan biasanya ekonomis/murah.
17. Teishoku

18. Restoran Hambagu

Japanese hamburger rice. 
18. Hambagu

19. Restorant Kaiseki (懐石) 

Restoran yang menyajikan masakan tradisional Jepang dalam porsi kecil. Tidak lebih dari 8 jenis masakan.
19. Kaiseki

20. Restoran Yakiniku (焼き肉)

Ini adalah Korea BBQ versi Jepang dimana pelanggan memasak daging mereka sendiri di meja. Sebuah panggangan batubara disediakan.
20. Yakiniku

21. Restoran Kaisendon

Sea food mentah yang dihidangkan pada semangkok nasi.
21. Kaisendon

22. Restoran Tendon

Menyajikan tempura pada semangkuk nasi. Sebenarnya restoran Tempura bisa sangat mahal di Jepang. Ini santapan lezat. Tendon adalah versi yang lebih murah.
22. Tendon

23. Restoran Motsunabe (もつ鍋)

Jeroan daging sapi ataupun daging babi yang disajikan dalam hot plane. Makanan ini berasal dari Fukuoka, namun banyak pula ditemukan di daerah Tokyo.
23. Motsunabe

24. Restoran Teppanyaki (鉄板焼き)

Teppanyaki berkembang setelah Perang Dunia II sebagai cara untuk menghibur wisatawan ke Jepang.Memasak makanan ala Barat(Amerika) diamna makanan ditempatkan pada wajan besi dalam pertunjukannya.
24. Teppanyaki

25. Restoran Shojin (精進)

Masakan Budda Tradisional Jepang. Di negara Asi Timur, masakan budha disajikan secara vegetarian. Namun di Jepang, beberapa disajikan dengan daging ataupun ikan.
25. Shojin

26. Restoran Youshoku

Makanan Jepang bergaya Barat seperti Hayashi Rice.
26. Youshoku

27. Tofu / Yuba

Restoran ini cocok untuk vegetarian.
27. Tofu

28. Okinawa Ryouri

Restoran yang mengkhususkan diri dalam masakan Okinawa dapat ditemukan di seluruh Jepang. Kepulauan Okinawa adalah pulau yang terletak disebelah selatan jauh dari Jepang dan memiliki budaya yang unik dan kaya.
28. Okinawa

29. Restoran Houtou

Houtou adalah masakan daerah dari prefektur Yamanashi . Mie udon besar dan sayuran dalam sup miso.
29. Houtou

30. Restoran Sukiyaki (すき焼き)

Sebuah nabe (panci panas) diisi dengan irisan tipis daging sapi, sayuran dan mie dimasak ,menjadi sup. Ditambahkan telur mentah sebelum dimakan.
30. Sukiyaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar