Sabtu, 22 November 2014

Ini Tentang Jepang yang Mungkin Tidak Kamu Tahu part 3

Edukasi

Di Jepang ini, ada sekolah negeri dan sekolah swasta. Sekolah negeri itu, yang cewe-cewenya pada pake seragam sailor, yang cowo cowonya pake seragam yang kancingnya sampe atas itu. Kalau sekolah swasta, yang seragamnya lucu lucu. Tapi sekolah swasta itu muahalnya minta ampun. Harga tas kotak (macem chibi maruko chan itu) harganya nyampe 1.5 juta rupiah loh. Jangan dikira murah pfft. Seragam juga harganya sepasangnya bisa sampe sejuta rupiah. Nah memang, masuk sekolah swasta itu katanya sih mentingin gengsi disini. Tapi, tapi, seragam yang lucu lucu itu emang beneran ngaruh ke minat para siswa buat masuk sekolah itu loh, terutama cewek cewek haha.
Di Jepang ini, buat masuk perguruan tinggi, ada dua kali tes. Hmmm kalau dibandingkan dg Indonesia, yang pertama mereka harus ikutan ujian untuk ngedapetin formulir ikutan SNMPTN. Nah kalau ini lulus, baru bisa ikut SNMPTN, di SNMPTN ini barulah mereka bener2 ujian untuk masuk ke universitas mana. Tapi kalau ga lulus tes yg pertama (yg buat dapetin formulir SNMPTN) ya gabisa ikut ujian masuk univ.
Di Jepang ini, sistem perkuliahan S1 nya total 4 tahun. Di sini mahasiswa S1 disebut B (Bachelor). B1=Bachelor tingkat 1, sampai B4=Bachelor tingkat 4. Nah B1 sampai B3 mereka kuliah biasa. Pas B4, mereka akan masuk ke lab sesuai minat masingmasing untuk fokus ke riset. Begitu. Lab di sini namanya sesuai nama profesor yang megang lab. Di lab ini, ada mahasiswa B4, master (M), dan doktoral (D).
Di Jepang ini, umumnya mahasiswa S1 akan langsung lanjut S2. Karena kantor kantor disini gamau terima anak S1, maunya minimal S2.
Di Jepang ini, hmm terutama di kampus kampus besar sih, mereka kayanya memang menggencarkan penerimaan mahasiswa asing, karena jumlah mahasiswa asing di suatu kampus akan mempengaruhi peringkat universitas (masuk poin).
Di Jepang ini, banyak universitas yang menerima program pertukaran pelajar. Katanya sih, mereka ingin merekrut mahasiswa2 asing buat nantinya nerusin kuliah di Jepang (abis program exchange beres). Ini berhubungan lagi sama buat ningkatin poin universitas dan karna Jepang kurang orang hahaha, harapannya si mahasiswa ngelanjutin kerja di Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar