Rabu, 26 November 2014

Museum Doraemon di Jepang

00

dore

Sebenernya nama museum ini bukan museum Doraemon, melainkan disebut museum Fujiko F. Fujio (nama penulis cerita doraemon). Karena namanya adalah museum Fujiko F. Fujio, di dalam museum kalian tidak hanya melihat Doraemon saja, melainkan karya Fujiko lainnya juga seperti P-Man, 21-Emon, Mojacko, Kitaretsu, dan masih banyak karya lainnya juga yang bisa dilihat.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
doo
Museum Doraemon ini lokasinya berada di Kawasaki City di Jepang yang lokasinya tidak jauh dari Noborito Station. Begitu keluar stasiun, dengan petunjuk yang ada kalian bisa berjalan kaki menuju museum selama kurang lebih 15-20 menit.
Untuk bisa masuk ke museum ini kalian tidak bisa sembarangan datang, kalian harus booking tiket sebelumnya. Tiket dari museum Doraemon ini bisa dibeli di seluruh Lawson yang ada di Jepang dengan harga 1000 Yen (+-100 ribu rupiah). Sekedar saran saja bahwa baiknya beli tiketnya jauh-jauh hari karena sering sold out. Apalagi pas weekend, tiketnya biasanya selalu ludes 2-3 minggu sebelumnya atau bahkan sebulan sebelumnya.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya nama sebenarnya dari museum ini adalah museum Fujiko F. Fujio, jadi di dalam museum kalian bisa melihat karya-karya dari Fujiko dan juga kehidupan pribadi Fujiko dari kecil hingga dewasa. Tentu saja yang menjadi sorotannya adalah karya-karya beliau dan yang terutama adalah Doraemon. Karena itu kalian menyebutnya museum Doraemon
Di dalam museum Doraemon, kalian akan menggunakan semacam radio untuk bisa mengetahui sejarah dan cerita yang ada. Inilah yang menjadi keunikan dan salah satu nilai plus dari museum Doraemon ini. Jadi kalian tidak perlu repot-repot membaca, kalian bisa melihat-lihat berbagai koleksi dan coretan kertas asli naskah Doraemon sambil mendengarkan cerita singkat sejarahnya melalui radio tersebut. Buat yang tidak mengerti bahasa Jepang tenang saja, karena disediakan pula radio berbahasa lain selain Jepang yaitu Inggris, Korea dan Cina.
radio
doraemon2.f9b79093715.w400
doorraa
dor
Kelebihan lain dan mungkin bisa dibilang kekurangan juga dari museum ini adalah waktu kunjungan yang dibatasi. Waktu kunjungan museum dibatasi hanya 2 jam saja,  jam kunjungan museum hanya tersedia pukul 10:00, 12:00, 14:00, dan 16:00 yang ditentukan sewaktu kita membeli tiket. Meskipun demikian, ini juga merupakan kelebihan dari museum ini. Jadi kita tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain di dalam museum, sehingga suasana di dalam museum sangat menyenangkan. Dan jangan khawatir, karena waktu 2 jam cukup untuk mengelilingi museum sampai tuntas.
Di dalam museum Doraemon kalian dilarang untuk mengambil foto. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi museum itu sendiri karena isi di dalam museum tetap terjaga orisinalitasnya dan tidak ada yang sembarangan mempublikasikannya, tapi tentu tidak bagi kita. Tapi jangan khawatir, kalian memang dilarang mengambil foto saat melihat sejarah dan proses pembuatan Doraemon serta karya Fujiko lainnya, tapi begitu sampai di ruang rekreasi di lantai 3, kalian bebas untuk mengambil foto.
Di ruang rekreasi kalian bisa menikmati makanan yang ada di cafe, berfoto dengan Doraemon, bermain, dan yang paling menarik adalah kalian bisa melihat miniatur dari lapangan di film Doraemon dan juga miniatur pintu ajaib. Di ruang rekreasi kita juga bisa menonton bioskop mini yang filmnya merupakan cuplikan film Doraemon The Movie.
doraemon6
doremn
doraemon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar