a. deduktif
b induktif
c. intrinsik
d. ekstrinsik
Nirmala Bonet, gadis berusia 19 tahun, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja di Malaysia. Ia bermaksud mencari nafkah di negeri Jiran, tetapi yang didapat musibah. Musibah yang menimpa gadis asal Kupang, Nusa Tenggara Timur itu begitu memilukan sekaligus menyayat hati. Ia dianiaya oleh istri majikannya hingga cacat. Hanya karena beberapa persoalan sepele dan kesalahan kecil yang dibuat, Nirmala disiksa dengan sangat biadab. Rambut keritingnya dipotong dan terus dibakar. Mukanya dicakar dan bibirnya dipukul sampai babak belur. Kepala, kening, dan tangan Nirmala pun dipukul dengan gelas besi hingga berdarah. Paha, lengan, dan dadanya disiram air panas sampai kulitnya terkelupas. |
2. | Kalimat utama paragraf kedua bacaan tersebut terdapat pada kalimat ........ | ||||||||||
|
3. | Pernyataan yang merupakan pendapat terdapat pada ........ | ||||||||
|
(1) Pada hari Rabu (20/12) Ronaldinho kembali menangis saat berada di Porto Alegre, tempat kelahirannya, 21 Maret 1980. (2) "Ini peristiwa paling emosional dalam hidup saya," ujarnya saat berpidato di hadapan 400 hadirin, termasuk politik lokal dan pelatih Brasil Dunga yang juga berasal dan wilayah Porto Alegre. (3) "Saya selalu bermimpi kejadian ini dan akhirnya menjadi kenyataan. (4) Ini merupakan 'gol' terbaik yang pernah saya lakukan," ujar pemain Barcelona tersebut. (5) Pemain Barcelona itu, memang telah dua kali meraih Pemain Terbaik Dunia (tahun 2004 dan 2005). |
4. | Pernyataan yang merupakan fakta pada teks tersebut ditandai nomor ........ | ||||||||||
|
5. | Kritikan terhadap perilaku Ronaldinho yang kembali menangis pada teks tersebut adalah ........ | ||||||||
|
6. | Teks 1 Wajah cantik dan tubuh aduhai. Dua kelebihan itu bisa menjadi senjata bagi petenis Rusia, Maria Sharapova, untuk berkarir di dunia fashion. Namun, nampaknya Sharapova belum seratus persen tertarik ke dunia fashion untuk saat ini. Padahal, dari dunia glamor itu, dia mendapatkan pemasukan yang luar biasa. Namun, ia tetap bersikukuh menggeluti dunia tenis. Teks 2 Selalu energik dan optimis. Itulah sekilas yang tampak dari sosok Noviantika Nasution. Ketika dipercaya menjadi orang nomor satu di induk perbasketan tanah air periode 2006-2010, Novi tak pesimis. Padahal, prestasi olahraga Indonesia, termasuk basket tahun ini lagi terpuruk. Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
7. | Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
(1) Semburan awan panas menghanguskan pepohonan di lereng Gunung Merapi. (2) Bagi masyarakat sekitar gunung itu, fenomena tersebut tak akan mungkin dapat mengubah pola pikir warga untuk meninggalkan desanya. (3) Pengamat seismograf memaparkan bahwa pada hari itu tercatat 15 kali gempa susulan. (4) Kita semua prihatin dengan nasib warga di daerah berbahaya tersebut. |
8. | Kalimat fakta pada paragraf tersebut, ditandai dengan nomor ........ | ||||||||||
|
9. | Penulis pada tajuk tersebut lebih berpihak kepada ........ | ||||||||||
|
Upaya Menjaga Karya Cipta Bangsa GLOBALISASI telah membuat pergerakan kepentingan tidak mampu lagi dikekang batas-batas negara. Atas nama kebebasan dan demokrasi orang, lembaga, atau bahkan negara saling klaim untuk menguasai dan meraih keuntungan saw sama lain. Dampak globalisasi seperti ini juga melanda kekayaan intelektual dan budaya kita. Pihak-pihak di luar negeri dapat dengan mudah mengakui hasil kreativitas, karya cipta, bahkan budaya kita sebagai hasil ciptaan mereka dan menarik keuntungan sebesar-besarnya dan hal itu. Karena itu, kita menghargai upaya seniman kebaya kita Adjie Notonegoro yang pekan lalu mendeklarasikan kebaya sebagai busana nasional wanita Indonesia. Deklarasi seperti ini tidak saja perlu, tetapi juga sangat mendesak dilakukan. Mendesak karena kesadaran kita akan hak cipta sangatlah rendah. Kita menghargai upaya pemerintah, bersama pemerintah di daerah yang tengah menginventarisasi karya-karya seni tradisional, sumber daya hayati dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, sekali lagi setelah itu, jangan lupa mematenkan. Jika tidak, kita hanya dikenang sebagai bangsa yang mempunyai banyak karya cipta, tetapi tak mempunyai hak mengakui sebagai miliknya. Ibarat seorang Ibu yang melahirkan, tetapi tak boleh mengakui sang jabang bayi sebagai anaknya. Ini sungguh amat menyakitkan. |
10. | Gagasan utama tajuk tersebut adalah ........ | ||||||||
|
11. | Opini yang berlawanan dengan tajuk tersebut adalah ........ | ||||||||
|
12. | Simpulan tajuk tersebut adalah ........ | ||||||||
|
13. | Harga Kebutuhan Pokok Per Kilogram Beberapa Bulan Terakhir. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam tabel tersebut adalah ........ | ||||||||
|
14. | Simpulan isi grafik batang tersebut adalah ........ | ||||||||
|
15. | Pernyataan yang sesuai dengan isi peta tersebut adalah ........ | ||||||||
|
16. | Gumpalan langit mahasempurna Bertahta bintang-bintang angkasa Namun satu bintang yang berpijar Teruntai turun menyapaku Jenis citraan yang terdapat pada larik kedua puisi tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
17. | (1) Dengarkan angin mengusir batang-batang padi (2) Sebelum matahari terbenam (3) Dengarkan senandung di balik jendela (4) Sebelum keadaan sepi (5) Rumah kecil, bukalah pintu pagarmu Berdasarkan puisi tersebut larik yang bermajas sama ditandai nomor ........ | ||||||||||
|
18. | Bunga di tepi jalan Menampung debu kendaraan Tumbuh di luar karang Mati tidak berdekap Tema kutipan puisi tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
19. | Dengan
hati yang remuk redam Hanafi pulang ke kampung halamannya di Sumatera
Barat. Ibunya ingin mengembalikan Hanafi kepada Rafiah. Hanafi menolak
karena tidak mungkin menjilat liur yang sudah diludahkannya. Hanafi
menyesal oleh tindakannya yang tidak mau mengindahkan nasihat orang
tuanya sehingga ia menderita dalam menjalani hidup ini. Tak lama
kemudian, Hanafi mati karena menelan empat butir sublimat. Pesan yang tersirat dalam kutipan cerita tersebut adalah ........ | ||||||||
|
20. | (1)
Pada beberapa tempat, ilalang berbunga putih beralun-alun sama berayun
dengan rumput dihembus udara. (2) Sebuah lengkungan perbatasan bumi
dengan langit. (3) Garis yang mengantar matahari menuju peristirahatan.
(4) Langit yang kuning muda, bersisik putih di antaranya terjalin warna
keemasan. Bukti bahwa kutipan tersebut terjadi pada sore hari terdapat pada kalimat nomor ........ | ||||||||||
|
21. | (1) "Astaga, Dewo!" seru ibu heran Mas Dewo masih tertawa. "Apa-apaan kamu ini? Kenapa berdandan seperti ini?" Wulan pun melongo. (2) "Gimana? Oke kan penyamaran dan aktingku? Tadi ibumu menyuruhku menjemputmu. Kamu kan sudah besar, Wul jadi aku cukup mengawasimu. Kupikir pasti asyik kalau aku menyamar, sekalian latihan akting!" Mas Dewo adalah kakak sepupu Wulan yang kuliah di Institut Kesenian Jurusan Teater. (3) "Mas Dewo Jahat! Lihat, nih!" Wulan menunjuk lututnya yang luka. (4) "Maaf, sebenarnya aku tadi mau menolongmu, tapi kamu malah lari." Kalimat yang menunjukkan suasana kekesalan tokoh pada kutipan cerpen tersebut ditandai dengan nomor ........ | ||||||||||
|
22. | Gulungan
ombak yang datang dari tengah lautan, setelah sampai di tepi pantai
bergulung kembali ke tengah lautan. Takjubnya aku tidak dapat dielakkan
karena permainan ombak itu merupakan suatu permainan masa. Bukankah
begitu perjalanan zaman tersebut? Amanat kutipan novel tersebut adalah ........ | ||||||||
|
23. | Dengan
hati-hati, puluhan jangkrik unggul itu dilepas. Aku tidak mengerti.
Mengapa makhluk yang diburu di seluruh pelosok desa itu dilepas?
Padahal, dia telah mengeluarkan uang, cukup banyak. Tapi begitu melihat
matanya berair, aku merasakan kesedihan yang dalam. Setelah melihat
orang itu berjalan ke arah perkebunan, entah mau ke mana, aku pulang.
Pulang dengan perasaan tidak menentu. Jenis konflik pada kutipan novel tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
24. | "Bagaimana
dengan si tukang palu itu, Kobie?" Rupanya ia masih penasaran dengan
ceritaku tadi. Padahal, aku hanya membual tentang si tukang palu itu. "Ya, dia bisa saja mengancam anak-anak di Gentreville ini!" "Lantas apa yang akan kita lakukan?" "Entahlah, Gret, saya bingung." Bu Guru Darmon menjelaskan materi pelajaran. Kami dimintanya berkelompok kecil. Lalu disuruh mengamati beberapa tumbuhan perdu di taman dekat Sekolah. Saya sekelompok dengan Gretchen. Sambil mengamati tumbuhan perdu, kami melanjutkan percakapan. "Gret, kau lihat rumah di atas bukit itu bukan?" "Ya aku lihat!" "Menurut ayahku, itu tempat persembunyian Si tukang Palu." "Ah masa iya." "Ia, rumah itu telah lama ditinggalkan penghuninya." Rupanya Gretchen percaya saja dengan omonganku. "Bagaimana kalau sebentar sore kita intai rumah itu!" Gretchen memberi usulan. Simpulan kutipan novel tersebut adalah ........ | ||||||||
|
25. | Wawan : Dik, sudah beres masalahmu dengan Diman? Sidik : Ah, bodo amat, Wan. Dia memang harus dihabisin. Wawan : Lho, gimana sih? Bicaralah baik-baik dengannya. Dia kan temen kita juga kan? Sidik : Maunya sih gitu. Tetapi kayaknya dia keras kepala. Wawan : Ah, enggak, asal kamu memahami karakter dia. Sidik : Pokoknya, dia harus saya tegasi. Apa pun yang akan terjadi saya sudah siap! Wawan : Jangan begitu, Dik. Kita harus nyaman dan damai bersama kawan. Bukankah kita ini tahun depan harus ujian nasional, penentu masa depan kita? Sidik : Seet, Bu Anik datang, ayo masuk kelas. Latar peristiwa percakapan kedua siswa pada kutipan teks tersebut adalah | ||||||||
|
26. | Yoga : Kamu sudah dengar berita tentang Rury? Pohan : Belum, memang ada apa dengan Rury? Yoga : Kemarin dia jatuh dari pohon mangga, kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit. Danu : Ah, biarkan saja. Biar dia tahu rasa karena mengambil mangga orang, ya? Watak tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
27. | Munawardi : Tolooong ........, ada yang mau jahat kepada saya! Orang-orang : Mana-mana orangnya? Dudi : Ayo kita hajar biar kapok! Kurdi : Jangan, jangan! Kita tak boleh main hakim sendiri. Bukti watak Kurdi dalam kutipan drama tersebut bijaksana, adalah ........ | ||||||||
|
28. | Hari
ini tanggal 17 Agustus 2006, tim kamu akan menerima hadiah dan piala
penghargaan dari Bapak Walikota karena kamu dan teman-temanmu
memenangkan lomba musikalisasi puisi sebagai juara I. Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........ | ||||||||
|
29. | Direktur
sebuah perusahaan menulis pesan kepada wakilnya. Dia memberikan
perintah agar menyiapkan rapat pembentukan panitia malam amal
penggalangan dana untuk Gerakan Orang Tua Asuh (GNOTA) di ruang
pertemuan. Pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........ | ||||||||
|
30. | 1. Setelah puas berkeliling, kami berkumpul untuk makan siang bersama. 2. Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat Kebun Raya Bogor secara langsung. 3. Tepat pukul 18.00 kami bersiap pulang ke Jakarta. 4. Sebelum berangkat, kami mendapat pengarahan. 5. Kami berangkat bersama dari sekolah. 6. Sesampainya di Kebun Raya Bogor, kami melihat-lihat tanaman langka. Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan ........ | ||||||||||
|
31. | Kegiatan
perkemahan berjalan dengan baik, dengan hasil sebagai berikut: Kegiatan
diikuti oleh 1600 siswa dan guru. Selama kegiatan berlangsung, semua
peserta sehat-sehat saja, hanya ada satu peserta yang pingsan saat api
unggun akan dinyalakan. Setelah diperiksa dokter, ternyata siswa
tersebut hanya ketakutan saja. Minggu pagi, esok harinya, semua peserta
bersiap-siap untuk pulang. Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
32. | Temanku Ani akan menulis surat kepada sahabat karibnya di luar kota untuk mengungkapkan rasa rindu kepada temannya. Perhatikan kutipan penggalan surat pribadi berdasarkan ilustrasi tersebut! Bagian pembuka surat yang tepat adalah ........ | ||||||||
|
33. | SMP
Kalpataru akan mengadakan karya wisata pada hari Sabtu, 18 Juni 2006.
Sebelum berangkat peserta diharapkan berkumpul di halaman sekolah pada
pukul 06.30. Dalam kegiatan karya wisata tersebut OSIS mengundang ketua Komite SMP Kalpataru untuk mengikuti kegiatan tersebut. a. Dengan hormat kami mengundang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan Karya Wisata yang akan kami selenggarakan pada hari/tanggal : Sabtu, 18 Juni 2006 waktu berangkat : pukul 06.30 tempat berkumpul : halaman SMP Kalpataru b. Dengan hormat kami beritahukan bahwa kami akan mengadakan kegiatan Karya Wisata yang akan kami selenggarakan pada, hari/tanggal : Sabtu, 18 Juni 2006 waktu berangkat : Pukul 06.30 tempat berkumpul : Halaman SMP Kalpataru c. Dengan hormat kami ajukan permohonan izin untuk kegiatan Karya Wisata yang akan kami selenggarakan pada, hari/tanggal : Sabtu, 18 Juni 2006 waktu berangkat : pk. 06.30 tempat berkumpul : Kelas masing-masing d. Dengan hormat kami mengundang Bapak-Ibu untuk hadir dalam rapat kegiatan Karya Wisata yang kami selenggarakan pada, hari/tanggal : Sabtu, 18 Juni 2006 waktu berangkat : � pk. 06.30 tempat berkumpul : Kebun Binatang Isi surat undangan sesuai ilustrasi tersebut yang tepat adalah pilihan ........ | ||||||||||
|
34. | (1) Rendam cucian selama 30 menit! (2) Pisahkan cucian yang mudah luntur warnanya! (3) Kucek kemudian bilas dengan air hingga bersih! (4) Larutkan 30 gram deterjen ke dalam 10 liter air! (5) Jemur pakaian hingga kering! Urutan yang tepat cara mencuci pakaian tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
35. | Lidah
buaya termasuk keluarga Lili. Tanaman ini banyak tumbuh liar di
sebagian besar wilayah Afrika. Di daerah Madagaskar juga banyak ditemui
lidah buaya dengan berbagai jenis. Lidah buaya memiliki gel aloe vera yang berada di tengah tanaman yang berlendir. Daging lidah buaya tipis, bening mirip jell, dapat diproses atau dikeruk. Aloe vera dapat mengobati luka bakar tingkat satu karena mempercepat penyembuhan. Gel ini juga memiliki reputasi sebagai kosmetika kecantikan. Rangkuman bacaan tersebut adalah ........ | ||||||||
|
36. | Untuk
mengingatkan warga agar menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan
hidup, Rahmat, ketua RT 08/11, mengajak sekretarisnya untuk memasang
slogan di setiap gang di wilayah RT tersebut. Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ........ | ||||||||
|
37. | Paman
hendak menjual sebidang tanahnya yang berada di pinggir jalan. Lokasi
tanah di jalan Gajahmada Magelang. Tanah tersebut seluas 1.000 m².
Meskipun begitu rumah paman bertelepon, yaitu 772 1939. Agar tanah yang
akan dijual tersebut cepat laku, ia memasang iklan di koran. Kalimat iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ........ | ||||||||
|
38. | SMPN
2 kota Bengkulu mengadakan acara perpisahan siswa kelas III tahun
pelajaran 2005/2006 dengan siswa kelas I dan II. Tempat kegiatan di
gedung Balai Buntar. Sambutan yang tepat untuk pembuka teks pidato adalah ........ | ||||||||
|
39. | Tema : Masalah kebersihan di kota Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah ........ | ||||||||
|
40. | Judul karya tulis: Perpustakaan Multimedia dan Fungsinya Paragraf pengantar yang sesuai dengan judul karya tulis tersebut adalah | ||||||||
|
41. | Identifikasi masalah karya ilmiah : - Apakah limbah kertas bekas dapat dimanfaatkan? - Bagaimana pengelolaan limbah menjadi barang berguna? Latar belakang yang tepat untuk identifikasi masalah tersebut adalah ........ | ||||||||
|
42. | Data buku: Judul : Apresiasi Sastra untuk SMTA Penerbit : Angkasa Bandung tahun 1986 Penulis : Ema Husnan Berdasarkan data tersebut, penulisan daftar pustaka yang tepat menurut EYD adalah ........ | ||||||||
|
43. | Rembulan Rembulan Kau berjalan di atas bumi pertiwi Dengan sinar keagungan Walau sesaat kita bertemu Di malam hari ........ Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ........ | ||||||||||
|
44. | Kapal laut Lihatlah sebuah titik Di tengah laut dan jauh Titik itu terus menggelinding Kuat tiada ........ Walau diterjang ombak diterpa angin Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut agar berima sama dengan baris sebelumnya adalah ........ | ||||||||||
|
45. | Dari Jakarta, menuju Semarang Jangan lupa beli pepaya Engkau senang, aku senang Karena kita memang Saudara Balasan yang tepat untuk pantun tersebut adalah pilihan ........ a. Buah lengkung enak rasanya Beli murah di Temanggung Kita memang bersaudara Susah senang kita tanggung b. Makan gulai di atas batu Kerasnya batu tak terasakan Jika boleh aku bertamu Datang bertamu sambil berjalan c. Jika kenyang karena makan Janganlah lupa akan minumnya Jika datang dengan ancaman Akan kuterima dengan gembira d. Jika engkau pergi ke Pati Belikan aku sekilo duku Jika engkau berbaik hati Bantulah aku bawakan buku | ||||||||||
|
46. | 1. Kalau Anda ingin cerdas 2. Pergi ke pasar beli talas 3. Sebelum makan rebus dulu 4. Siang malam baca buku Larik-larik kalimat acak tersebut akan menjadi pantun bila disusun dengan urutan ........ | ||||||||||
|
47. | Monang
seorang pemuda, matanya menatap langit-langit. Tiba-tiba dikejutkan
oleh langkah suara serdadu. Kemudian pintu terbuka. Dua orang anak
didorong masuk ke sel yang pengap. Monang : Hai, adik-adik ini dari mana? Sahara : (setengah berbisik) Kami ditangkap Belanda, Bang! Monang : ........ Jisman : ........ Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah pilihan ........ a. Monang : Kalau itu ditendang namanya sudah selesai. Bah! Jisman : Capek sekali, Bang di sel ini. b. Monang : Engkau harus tahu itu! Ini hampir malam. Jisman : Menunggu apa, Bang? c. Monang : Tidak hanya dipukuli, saya disiksa. Jisman : Bangunlah! Hari sudah siang. d. Monang : (Agak heran) Kalian, anak kecil begini, ditangkap Belanda? Jisman : Ya, Bang (jawab Jisman serentak diikuti Sahara). | ||||||||||
|
48. | Carilah permasalahan untuk didiskusikan! Setiap anggota kelompok mencari permasalahan untuk diskusi (1). Jangan lupa, agar diskusi berjalan lancar, tentukanmoderator (2) dan notulen (3). Bahaslah bersama-sama permasalahan itu! Setiap kelompok diskusi dan berargumentasi (4). Istilah-istilah pada paragraf tersebut bila disusun menjadi kamus kecil, yang tepat adalah ........ | ||||||||||
|
49. | Sepengetahuan penulis masalah polusi belum ditangani secara optimal. (1) (2) (3) (4) Bagian kalimat yang harus dihilangkan agar kalimat efektif adalah ........ | ||||||||||
|
50. | (1)
Perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar. (2) Sebagai sumber
belajar hendaknya tersedia buku bagi siswa dan guru demi kelancaran
kegiatan belajar dan mengajar. (3) Siswa dan guru dapat membaca dan
meminjam buku yang tersedia di perpustakaan. (4) Petugas perpustakaan
haruslah seorang ibu. Agar menjadi paragraf yang padu, perbaikan kalimat nomor (4) yang tepat adalah ........ | ||||||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar