Minggu, 15 Maret 2015

“Yanaka” Kawasan Tradisional di Pusat Kota Metropolitan Tokyo

yanaka
Kawasan Yanaka dapat menjadi alternatif wisata bagi kalian yang bosan dengan suasana modern, atau jenuh dengan tema historis yang masih terlalu ramai dan terasa komersial. Di Yanaka, kalian akan merasakan suasana layaknya kota-kota lama dimana bangunan-bangunan hanya setinggi 2-3 tingkat saja, dan sedikit mengingatkan pada setting cerita dalam anime Doraemon.
Disini kalian tak akan menemukan apartemen maupun gedung tinggi menjulang, melainkan rumah-rumah yang berdiri di atas tanah (landed house) dengan desain arsitektur minimalis modern maupun tradisional modern. Banyak juga rumah-rumah yang sudah berusia puluhan tahun, dan masih mempertahankan gaya arsitektur tradisional (yang sangat menarik untuk diabadikan melalui kamera foto).
Mayoritas jalan di Yanaka hanya cukup untuk 1 mobil dan 1 motor (kecuali jalan utamanya), namun tetap nyaman untuk digunakan berjalan kaki karena jalur pejalan kaki tetap tersedia.
Tak sulit untuk mencapai kawasan Yanaka. Anda dapat turun di Stasiun Nippori, maupun turun di Stasiun Nishi Nippori. Jika ingin menjelajah Yanaka dari atas, Anda dapat mulai dari Stasiun Nishi Nippori dan kemudian pergi ke arah bawah melalui jalan-jalan perumahannya.
yankaa
Ada pengalaman unik tersendiri jika kalian menyusuri Yanaka dengan memasuki jalan-jalan kecilnya (tidak melewati jalan utama), karena disini Anda dapat melihat berbagai keharmonisan peninggalan masa lalu yang masih berdiri hingga saat ini, seperti aneka bangunan kuil dan area pemakaman yang berdiri berdampingan dengan rumah-rumah penduduk.
Tak hanya rumah-rumah penduduk yang dapat dilihat di Yanaka. Disini juga terdapat beberapa spot menarik untuk dikunjungi dan diabadikan melalui jepretan kamera. Salah satunya adalah Yanaka Ginza, sebuah shopping street dimana terdapat ±70 toko dengan suasana yang mengingatkan akan Tokyo-tempo-doeloe.
yanaka_1
yanaka
Terdapat berbagai macam barang yang terdapat disini, mulai dari bunga, sayur dan buah, stationery, dan banyak lagi. Harga-harganya relatif terjangkau, dan proses tawar menawar antara pedagang dan pembeli termasuk salah satu aktifitas yang menarik untuk diamati.
Kuil dan pemakaman yang berdiri diantara rumah penduduk juga termasuk salah satu spot menarik untuk dikunjungi, dan jumlahnya relatif banyak lho. Salah satunya adalah Suwa Shrine (kuil Suwa), sebuah kuil Shinto yang letaknya tak jauh dari Stasiun Nishi Nippori. Kuil ini cukup asri dan sangat terawat, dengan pohon-pohon rimbun menghiasi area kebun dan struktur tangga batu yang cukup dominan.
yanaka_3
Disini ada sebuah peraturan yang harus ditaati, yaitu jangan duduk di tangga kuil (ada peraturan tertulis dalam bahasa Jepang). Beberapa langkah dari kuil Suwa, ada Joko-ji Temple yang merupakan kuil Budha dan memiliki area pemakaman yang berdampingan dengan rumah penduduk.

Kuil Budha lain yang wajib dikunjungi adalah Zensho-en Temple, dimana terdapat patung Budha berwarna emas setinggi 20 kaki, serta Jomyoin Temple yang konon memiliki 84000 patung Jizo!^^ Versi lain menyebutkan bahwa patung Jizo-nya kira-kira hanya 20000, tapi tak ada yang dapat menghitung jumlah pastinya (saking banyaknya).

Selain keempat kuil tersebut, masih banyak lagi kuil yang terdapat di Yanaka, baik kuil kecil maupun kuil besar, serta kuil Shinto maupun kuil Budha. Tak heran jika tempat ini, selain dijuluki forgotten Tokyo, juga sering disebut sebagai silent Asakusa.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Yanaka Cemetery (Yanaka Reien) saat kalian berada di Yanaka. Kompleks pemakaman ini tak jauh dari Stasiun Nippori, dan termasuk salah satu kompleks pemakaman yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.



























Berikut beberapa komentar dari Tripadvisor mengenai tempat wisata Yanaka:
  • Mechika E (Tokyo)–>> Tempat yang sangat indah. Yanaka merupakan area wisata sejarah di Tokyo. Saya memiliki banyak waktu untuk berjalan-jalan di sekitar jalan di Yanaka. Terdapat banyak kuil dan restauran untuk dikunjungi.
  • Atsukokaki (Tokyo)–>> Waktu shopping yang menyenangkan. Terdapat banyak toko-toko yang dihiasi dengan interior warna naturan dan juga Yanaka Ginza. Tidak perlu khawatir masalah makanan, karena restoran menyajikan menu makanan yang lezat-lezat.
  • Ryukmi (Osaka)–>> Sunset. Mall di Showa memiliki suasana retro yang sangat bagus. Terdapat tangga, dimana dari sini dapat melihat sunset yang sangat indah.
  • TakakaUkon(Tokyo)–>> Kucing Primadona. Terkadang saya pergi kesini tanpa tujuan. Hanya naik kereta dari rumah saya, dan saya bisa melihat kota yang menyenangkan. Kucing sebagai objek di Yanaka Ginza menarik wisatawan untuk datang.
  • Mint614–>> Hawa Tokyo masih terasa. Tempat ini direkomendasikan untuk Anda yang suka berbelanja atau untuk membeli oleh-oleh. Banyak terdapat toko dengan aneka barang yang menarik. Rasa makanannnya masih sama seperti di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar