Jumat, 13 Maret 2015

Kuil Tertua di Kyoto “Matsuo Taisha”

Matsuo Taisha merupakan sebuah kuil Shinto yang terletak di kawasan Arashiyama, sebuah daerah yang populer karena memiliki suasana alam yang indah.
Kuil ini dipercaya sebagai salah satu kuil tertua di Kyoto, karena konon sudah berdiri sejak tahun 701. Pendirinya sendiri adalah klan Hata, sebuah keluarga yang kabarnya bermigrasi dari Korea. Keluarga ini dipercaya juga telah mendirikan kuil lain, salah satunya adalah Fushimi Inari Taisha.
Matsuo-taisha_Kyoto_2
Di kuil ini juga mengalir sebuah mata air yang sangat jernih, yang bersumber dari gunung suci di belakang kuil. Air ini merupakan salah satu bahan terbaik yang menjadi bagian dari proses pembuatan sake. Kuil ini pun konon turut berpartisipasi dalam proses pembuatan sake tersebut yang dipercaya sebagai bagian dari teknologi yang dibawa oleh keluarga Hata dari Korea. Akhirnya para pengusaha sake pun menjadikan kuil ini sebagai kuil pelindung bagi sake, dan setiap tahunnya rutin digelar festival sake di kuil Matsuo Taisha ini.

Saat kalian berkeling kuin ini, kalian akan menemukan banyak sekali patung kura-kura yang terdapat di kuil ini. Konon itu karena saat pendiri kuil ini sedang berjalan-jalan, beliau melihat seekor kura-kura yang sedang berjemur di sekitar air terjun yang terdapat di area kuil. Hal tersebut kemudian dianggap sebagai pertanda baik karena kura-kura dianggap mewakili umur panjang.

Matsuo-taisha_Kyoto_4
Matsuo-taisha_Kyoto_3
Matsuo Taisha
Lokasi : Nishikyo
Alamat : 3 Arashiyama-miyamachi, Nishikyo-ku, Kyoto
Telp : 075-871-5016
Jam operasional : 05.00-18.00
Harga tiket : free (untuk mengelilingi kuil). Untuk masuk ke taman dan tempat penyimpanan harta, ¥500* (dewasa), ¥400* (pelajar), ¥300* (anak-anak)
Akses : 1 menit jalan kaki dari Stasiun Matsuo (Hankyu Arashiyama Line).
*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar