Jumat, 13 Maret 2015

Manga Pertama di Jepang Ada di Kuil Ini

Di kuil yang terletak di kawasan Takao, Kyoto ini kalian dapat melihat manuskrip kuno bergambar cerita satir dengan karakternya berbentuk binatang yang dipercaya sebagai manga pertama di Jepang.
Yap, inilah Kuil Kozan-ji yang merupakan sebuah kuil Budha dari sekte Omuro (Shingon Buddhism). Sebelum memiliki nama Kozan-ji, kuil ini sempat beberapa kali berganti nama dan akhirnya dikenal juga sebagai kuil Kosan-ji dan juga Togano-dera. Menurut legenda, kuil ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 774 atas perintah Kaisar Konin.

Kuil Kozan-ji sudah diakui oleh UNESCO dan dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site ‘Historic Monuments of Ancient Kyoto’.

Menurut sketsa yang dibuat pada tahun 1230, kuil ini dipercaya merupakan sebuah kompleks yang cukup besar karena terdiri dari beberapa bangunan seperti gerbang utama, menara lonceng, hall utama, tempat penyimpanan kitab suci, pagoda 3 tingkat, Amida Hall, hall untuk Lohan, dan sebuah kuil Shinto. Saat ini yang tersisa hanya beberapa bangunan, seperti hall penyimpanan kitab suci bernama Sekisui-in dan beberapa bangunan yang asalnya dari kuil Ninna-ji.
kosanji_temple

kosanji_temple_3
kosanji_temple_4
kosanji_temple_5
kosanji_temple_6
































Di kuil ini terdapat goresan manga pertama yang pernah ada. Manga tersebut menggambarkan berbagai karakter hewan yang dipercaya mengandung unsur satir terhadap kehidupan para bangsawan di periode Heian. Namun saat ini Anda hanya dapat melihat replika dari goresan tersebut, karena manuskrip aslinya disimpan di museum nasional di Tokyo dan Kyoto.
kosanji_temple_8

kosanji_temple_9
Selain manuskrip manga, yang tak kalah menariknya adalah sebuah tugu batu yang ditempatkan di depan sebuah kebun teh. Tugu tersebut menandakan bahwa kebun teh yang terdapat di kuil Kozan-ji merupakan kebun teh tertua di Jepang.
kosanji_temple_10
Point terbaik adalah jika Anda berkunjung di musim gugur. Namun tak perlu kecewa jika Anda berkunjung di luar musim itu, karena suasana kuil yang tenang ini tetap menarik untuk dinikmati kapan saja.
kosanji_temple_7
Kozan-ji Temple
Lokasi : Ukyo
Alamat : 8 Togano-o-cho, Umegahata, Ukyo-ku, Kyoto
Telp : 075-861-4204
Jam operasional : 08.30-17.00
Harga tiket : ¥600*. Tambahan ¥400* jika Anda berkunjung ke kuil ini pada musim gugur.
Akses : JR Bus menuju Toganoo Cho (berangkat dari Stasiun Kyoto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar