Selasa, 03 Maret 2015

7 Hal Kecil yang Memalukan Jika Dilakukan Di Jepang

Berita bagusnya yaitu sangat gampang untuk menghindari melakukan sesuatu yang menyinggung perasaan orang lain. Pertama, gunakanlah akal sehat, kedua cobalah untuk menghindari hal-hal memalukan sebagai berikut :

1.Tragedi Sendal Toilet.
Satu-satunya hal paling memalukan yang bisa Anda lakukan di Jepang adalah memakai sendal toilet diluar kamar mandi. Kebudayaan Jepang menuntut pemisahan antara bersih dan kotor. Dijepang, sendal toilet dianggap barang yang paling kotor didunia.
toilet-slippers-166
 
2.Menolong dengan sumpit anda.
Penggunaan sumpit di Jepang sangatlah kompleks, melebihi dari perkiraan Anda. Jika Anda melihat seseorang sedang berusaha untuk memungut sesuatu dengan sumpitnya (ohashi) anda mungkin ingin menolong nya dengan sumpit Anda. Sayangnya, tindakan Anda ini dianggap mengingatkan dengan ritual upacara pemakaman, dimana sisa-sisa kremasi dipindahka ke dalam sebuah mangkok dengan sumpit. Adalah hal terlarang jika dua orang mengambil sesuatu yang sama dengan sumpit masing-masing.
ohashi-ladies-166
 
3.Memetik bunga sakura.
Bunga sakura adalah lambang nasional negara Jepang. Bunga ini dianggap lebih cantik (menurut estetika jepang) karena mereka tidak permanen. Bunga sakura mekar dengan
warna yang brilian dan jatuh ketanah beberapa hari berikutnya. Banyak puisi jepang, buku dan lagu terkenal yang menggunakannya sebagai anologi untuk perubahan dan kehidupan. Gugurnya bunga sakura adalah saat nostalgia untuk kebanyakan orang Jepang. Jika Anda memetik bunga sakura yang belum waktunya gugur, orang akan menganggap Anda sebagai pencuri kebudayaan.
falling-sakura-166
 
4. Mendahului minum sebelum melakukan Kanpai (bersulang).
Di Jepang, sudah umum untuk melakukan kanpai sebelum minum. Ritual ini tidak pernah ditinggalkan baik dalam grup kecil ataupun besar. Jika Anda minum sebelum melakukan kanpai, Anda akan dianggap egois, tidak mau bergaul dan tidak disiplin.


kanpai-izakaya-166
 
5.Mencemari Onsen.
Onsen adalah sebuah bak mandi untuk membersihkan badan Anda. Onsen adalah bak mandi yang biasanya digunakan untuk bersantai sambil berendam. Inilah hal utama mengapa jika berendam di Onsen Anda harus telanjang. Anda harus mandi dengan sabun terlebih dahulu dan membilas nya bersih sebelum masuk ke Onsen. Karena jika anda tidak membersihkan diri sebelum masuk Onsen, orang-orang akan menganggap Anda menjijikan.

onsen-in-snow-166
 
6. Menjabat Tangan sambil Membungkuk.
Jika Anda sedang melakukan perjalanan bisnis di Jepang, Anda harus memperkenalkan diri sendiri dengan membungkuk. Dalam beberapa kasus, klien Anda di Jepang mungkin mengasumsikan bahwa Anda tidak mengetahui bagaimana caranya membungkuk dan langsung menjabat tangan Anda. Hal ini mengakibatkan kebingungan yang berujung Anda akan mengalami hal yang memalukan,dengan membungkuk dan berjabat tangan dalam waktu yang sama. Ini akan membuat Anda terlihat bodoh dimata orang-orang Jepang.

Obama-bowing-Emperor-921
 
7.Mengatakan Hey You!
Kata You memang umum digunakan dalam bahasa inggris, namun dijepang banyak kata yang berarti you, jadi hati-hatilah menggunakannya. Dijepang, adalah hal yang sopan jika Anda memanggil seseorang dengan nama disituasi apapun, diperlukan juga tambahan kata yang sopan dibelakangnya (biasanya kata san). Dengan menggunakan kata YOU, kemungkinan Anda akan mengindikasikan diri sendiri sebagai orang yang tidak bisa
menghormati orang lain karena tidak menggunakan nama mereka saat memanggil.
angry-restaurant-mascot-166

Tidak ada komentar:

Posting Komentar